Diadakan pada tanggal pada tanggal 12 Januari 2020 pukul 7 pagi, acara Street Hunting bersama Robert Lie ini berlangsung sukses dan menyenangkan. Dihadiri hampir 50 orang dari berbeda komunitas, street hunting kemarin menjadi semakin menarik dan seru.

Hunting ini direncanakan dengan rute sebagai berikut :
Sekretariat PAF (Komp. Banceuy) – Cikapundung – Braga – Suniaraja – Viaduct – ABC – Alun-alun – Sekretariat PAF

Sebelum memulai hunting, Robert Lie sebagai tutor, memberikan arahan terlebih dahulu mengenai foto street dan menjelaskan tidak ada batasan apapun dalam foto street yang perlu dikhawatirkan selama foto street diambil tanpa melanggar aturan dan tanpa mengganggu privasi orang lain. Tidak hanya sampai disitu, beliau juga memberikan beberapa challenge kepada peserta untuk menambah keseruan sehingga semua peserta semakin bersemangat mengikuti acara ini. Beberapa challenge yang diberikan adalah foto harus diambil dengan focal lenght 50mm dan peserta juga harus membuat foto dalam beberapa tema yaitu street still life, shadow & line, serta red or blue.

*klik image untuk memperbesar

Setelah pengarahan selesai, seluruh peserta diajak untuk melakukan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi dan kenang-kenangan.

*klik image untuk memperbesar

Selesai melakukan sesi foto bersama, acara hunting dilanjutkan dan dimulai dari lokasi foto bersama dengan objek atau tema blue dan shadow. Dalam memulai hunting, Robert Lie memberikan pengarahan dan penjelasan yang membantu para peserta untuk melihat objek-objek foto yang berkaitan dengan tema di sekitar lokasi tersebut, sehingga peserta mendapatkan gambaran objek yang bisa mereka ambil.

*klik image untuk memperbesar

Setelah para peserta selesai mengambil foto di Komplek Banceuy ( Sekretariat PAF ), kemudian Robert Lie dan para peserta bergerak ke daerah Cikapundung.

*klik image untuk memperbesar

Masih tetap bergerak hunting, Robert Lie juga tetap memberikan pengarahan dan penjelasan. Beliau membantu memberikan sudut pandang yang berbeda kepada para peserta sehingga mereka dapat lebih mengeksplor objek yang ada disekitaran lokasi tersebut. Selepas dari Cikapundung kemudian semuanya bergerak ke Jalan Braga.

*klik image untuk memperbesar

Saat di Braga, rombongan berhenti di beberapa titik untuk mengambil foto sesuai tema shadow and line, red or blue, dan still life. Robert Lie juga memberikan ide-ide mengenai sudut pengambilan yang baik dan menarik pada tema shadow & line seperti memanfaatkan shadow atau refleksi pada mobil yang terparkir. Tidak hanya itu, beliau juga membagi beberapa trik dan ilmu bagaimana mengatur komposisi yang baik untuk menghasilkan foto yang lebih baik dengan memanfaatkan elemen yang ada di jalanan.

*klik image untuk memperbesar

Beranjak dari Braga, para peserta hunting lanjut berjalan ke Suniaraja hingga ke Jalan Banceuy. Objek foto pun sepertinya tidak ada habisnya. Sepanjang hunting selalu saja ada objek foto yang baru, sehingga semua peserta tetap semangat walaupun cuaca cukup panas dan terik. Tidak berlama-lama di daerah Bancey, rombongan kemudian beralih ke daerah Alun-alun.

*klik image untuk memperbesar

Tidak berbeda jauh dengan rute sebelumnya, di Alun-alun ini juga banyak objek foto dan moment yang didapatkan. Sejumlah arahan dan referensi juga tetap diberikan Robert Lie, ditambah dengan beberapa hasil foto dari kamera beliau dengan tujuan agar para peserta dapat melihat secara langsung perbedaan sudut pandang dapat menghasilkan objek atau angle yang berbeda.

Berakhir di Sekretariat PAF, Robert Lie masih memberikan sedikit penjelasan atau pengarahan. Tidak hanya itu, beliau juga menjawab beberapa pertanyaan dari peserta mengenai foto, komposisi, angle dan sebagainya. Sebagai penutup, beliau menginformasikan kepada peserta untuk mengupload dan tag hasil-hasil foto hunting street kemarin ke instgram untuk nantinya dipilih yang terbaik. Yang terpilih nanti akan menjadi Frame Of The Month February 2020 dengan tema Street Photography With 50mm.

Special thanks kepada Robert Lie dan juga para peserta Street Hunting 50mm Challenge.

Sampai jumpa di hunting berikutnya…

 

*Photo by Eddy Hermansyah, Jimmi Gumilang, Mariska Simbolon & Sopian Hersan

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked (*).

Open chat